Contact us now
+6289-774455-70

Olahraga Istiqamah itu yang Terasa

m yusuf berolahraga - satumartSeseorang pernah berkata ke saya bahwa olahraga bersepeda lebih terasa daripada olahraga jalan sehat. Bisa jadi kalau jaraknya tidak sama.

Tapi coba kalau jaraknya sama atau seperempatnya saja dari bersepeda, maka olahraga berjalan kaki lebih terasa. Berjalan tentu lebih berat, karena kaki menahan berat badan sambil digerakkan maju. Sedang bersepeda berat tubuh ditahan sepeda. Kaki hanya mengayuh roda.

Maka kalau menurut teori kesehatan olahraga yang terasa banget adalah lari, lalu berenang. Selanjutnya jalan. Semua olahraga itu otot menggerakkan seluruh tubuh.

Tapi olahraga yang terasa nyata adalah ajeg. Rutin. Bersepeda jauh, biasanya bareng-bareng, jadi asyik tidak terasa lelah. Tapi setelah itu nggak bersepeda lagi, karena untuk bareng itu biasanya susah.

Lebih nyata yang rutin. Langsung jalan sekeliling perumahan. Minimal 30 menit. Tapi rutin dilakukan minimal sekali seminggu. Syukur kalau lebih. Cukup sendiri nggak masalah.

Maka ini yang disukai Allah. Seperti khatam saat Ramadhan, tapi setelah itu tidak ngaji. Lebih baik ngaji sehalaman tapi tiap hari (tapi saya bersyukur sehari sejuz beserta terjemahannya).

Pagi ini bersyukur masih bisa istiqamah olahraga. Hehehe. Alhamdulillah.

 24 total views,  1 views today

One Comment - Leave a Comment
  • Leave a Reply

    %d bloggers like this: