Contact us now
+6289-774455-70

Sadar Pentingnya Berkelompok Dalam Beribadah

Beberapa waktu terakhir saya mengikuti gerakan ODOJ (One Day One Juz). Gerakan dilakukan kelompok yang saya ikuti. Satu kelompok ditarget menyelesaikan 1 juz seharinya. Lalu 1 juz ini dibagi dalam kelompok, anggap saja 1 orang 1 lembar (2 halaman). Karena berkelompok kita saling mengingatkan dan memotivasi untuk terus membaca sesuai jatahnya.

Di hari-hari normal, membaca Al Qur’an 2 halaman sehari (24 jam) bukanlah sesuatu yang berat. Namun kadang-kadang ada hari yang membuat kita sibuk. Seperti kemarin saya harus rapat kerja. Untuk lebih fokus kita sampai dikarantina di tempat tertentu. Kita bekerja non stop sampai malam. Tengah malam ketika sudah selesai, badan saya sudah terasa lelah.

Saya tahu kalau di hari biasa sebelum mengikuti gerakan ODOJ, saya pasti melewatkan hari itu tanpa membaca Al Qur’an. Alasannya masuk akal: capek! Dan itu bisa diterima. Tapi saat mengikuti gerapan ODOJ, ada perasaan terus untuk menyelesaikan jatahnya hari ini.

Maka dengan semangat dari teman-teman kelompok, dan pikiran bagaimana kalau saya gagal menyelesaikan sehingga pasti mengecewakan anggota kelompok lain, maka meski capek tetap saya mengaji. Mengaji di tengah malam… Hehehe.

Alhamdulillah, bisa! Jadi dengan berkelompok seperti ini kita bisa istiqamah. Mungkin tips sederhana ini bisa Anda jalankan agar dapat rutin mengaji setiap hari. Cobalah!

 8 total views,  1 views today

One Comment - Leave a Comment
  • Leave a Reply

    %d bloggers like this: