Contact us now
+6289-774455-70

Film ‘Changeling’ Seakan Membawa Amerika Dulu ke Indonesia Sekarang

Film ‘Changeling’ sebenarnya adalah sebuah kisah sederhana. Bercerita tentang seorang ibu tunggal (mama single parent itu diperankan si cantik nan seksi, Angelina Jolie) yang berputra tunggal. Suatu ketika dia disuruh nglembur padahal sebenarnya libur, dia tinggalkan anaknya di rumah. Ini jadi pertemuan terakhir. Karena kemudian anaknya hilang.

Oleh: Mochamad Yusuf*

Saat dia melaporkan ke polisi, polisinya mempersulit. Dikatakan tidak ada personil yang bisa datang. Atau menunggu 1 x 24 jam dulu sebelum polisi bergerak. Intinya polisi membuat sulit. Seperti mengikuti pepatah, kalau bisa dibuat sulit mengapa harus dipermudah. Ternyata ini karena kondisi dunia polisi di sana yang buruk. Korupsi, kolusi, mafia dan permainan kasus.

Bahkan polisi memainkan permainan kasar. Bayangkan sampai ada anak yang disuruh mengaku sebagai anak yang hilang. Mana mungkin Ibu tidak mengenali anaknya? Eh, Ibunya malah disalahkan polisinya. Karena setelah 6 bulan, bisa jadi anaknya berubah dan kondisi Ibu yang berharap anaknya sama sebelum hilang. Anaknya tidak pernah ditemukan. Puluhan tahun si ibu tetap tegar mencarinya.

Film ini adalah kisah nyata. Bersetting di Amerika sekitar tahun 1928. Saya melihat film ini, rasanya jadi tidak asing zaman sekarang ini. Persis. Sama seperti terjadi di negeri tropis yang dilalui khatulistiwa.

Namun yang berbeda di situ, ada seorang pendeta yang berani menyuarakan kebenaran. Setiap saat dia mengkritik polisi yang korup lewat khutbah-khutbahnya di gereja yang juga dipancarkan ke publik lewat radio. Khutbah-khutbahnya ini yang mengubah dan menggerakkan rakyat di sana untuk mereformasi polisi.

Jadi berpikir, apakah negeri yang saat ini juga mengalami fenomena persis seperti itu memerlukan tokoh seperti pendeta itu ya? Seorang tokoh yang tetap lurus dan berani menyuarakan kebenaran dan keadilan. Tapi apakah tokoh itu bisa muncul di negeri itu? Entahlah…

Bagaimana pendapat Anda?

~~~
*Mochamad Yusuf adalah konsultan digital marketing, pembicara publik, youtuber, pengajar sekaligus praktisi TI. Aktif menulis dan buku best sellernya, “99 Jurus Sukses Mengembangkan Bisnis Lewat Internet”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di websitenya http://enerlife.id atau di Facebooknya, http://facebook.com/enerlife .

Leave a Reply

%d bloggers like this: