Contact us now
+6289-774455-70

Saat Menghadapi Ujian Pandemi Covid – Mereka Dijauhkan Covid | Ust Prof Dr Kh Ali Maschan Moesa

Rasulullah pernah bersabda, “Wabah thaun adalah kotoran yang dikirimkan oleh Allah terhadap sebagian kalangan bani Israil dan juga orang-orang sebelum kalian. Kalau kalian mendengar ada wabah thaun di suatu negeri, janganlah kalian memasuki negeri tersebut. Namun, bila wabah thaun itu menyebar di negeri kalian, janganlah kalian keluar dari negeri kalian menghindar dari penyakit itu.” (HR Bukhari-Muslim)

Thaun adalah sejenis wabah penyakit. Ada 2 hikmah terkait jangan keluar dari negeri yang terkena pandemi. Dan ada 5 hikmah terkait jangan masuk ke negeri yang terkena pandemi.

Pertama, menjauhkan diri dari berbagai hal yang membahayakan. Kedua, mencari keselamatan yang merupakan materi kehidupan dunia dan akhirat. Ketiga, agar tidak menghirup udara yang dicemari oleh bau busuk dan kotoran sehingga mereka sakit.

Keempat, agar mereka tidak berdekatan dengan orang-orang sakit yang bisa menyebabkan mereka sakit sebagaimana yang diderita orang-orang tersebut. Kelima, menjaga jiwa dari perkiraan-perkiraan buruk dan penularan penyakit. Sebab, jiwa bisa terpengaruh dengan keduanya, sedangkan hal buruk akan menimpa orang yang memperkirakannya.

Mari kita simak kajian yang dalam dari dosen UINSA & Rektor Universitas Islam Kadiri, Ustadz Prof Dr KH ALI MASCHAN MOESA. Beliau mantan anggota DRPR, ketua PNBU Jawa Timur dan kakak kandung dari anggota BPK dan mantan Wakil Ketua Umum DPP PKB Ali Masykur Musa. Beliau, yang juga menjabat anggota Badan Kehormatan DPR, dikukuhkan sebagai Guru Besar IAIN Sunan Ampel Surabaya pada tahun 2011.

 1,104 total views,  2 views today

One Comment - Leave a Comment
  • Leave a Reply

    %d bloggers like this: