Contact us now
+6289-774455-70

Belajar Ilmu Kehidupan di Sekolah Berasrama Yang Jarang Diajarkan di Sekolah

Saat ini ada beberapa daerah menggila kembali pandeminya. Rencana tahun ajaran baru, beberapa waktu lagi, dengan pembelajaran luring yang terbatas, bisa jadi mundur lagi. Di lain pihak para siswa yang belajar di sekolah berasrama seperti di pondok, tetap berjalan normal.

Selain itu, ada yang menarik belajar di sekolah berasrama ini. Yakni belajar ilmu kehidupan. Seperti tangguh, mencari solusi, berkawan dll. Ilmu ini didapat saat bergaul dan hidup 24 jam dengan teman-teman sekolah. Juga didapat dari para pendidiknya.

Seperti dikisahkan di buku ‘Negeri 5 Menara’, kisah yang diangkat dari kehidupan di Pondok Gontor. Ada tokoh bernama Kyai Rais. Beliau yang selalu memberi motivasi para siswanya. Sebuah ilmu kehidupan yang tak hanya berguna saat di sekolah, tapi juga setelah lulus dari sekolah.

Motivasi itu seperti ‘Man Jadda wa Jadda’, barangsiapa bersungguh-sungguh, Insya Allah akan mencapainya. Motivasi-motivasi seperti itu bertebaran di pondok, selain diucapkan Kyai dan para guru, juga ditempelkan di berbagai tempat. Seperti yang bisa kita lihat dalam video ini.

Ini salah satu kelebihan sekolah di sekolah berasrama seperti Gontor. Maka tak heran ustadz sekelas Ust Abdul Somad menyesal tak sekolah di Gontor. Kalau waktu bisa diputar ke belakang, dia akan sekolah di sana. Sebenarnya Ust Abdul Somad sudah berniat sekolah di sana, namun karena informasi yang terbatas, dia belum dapat mewujudkan citanya.

Mari simak penyesalannya di sini.

 1,071 total views,  1 views today

One Comment - Leave a Comment
  • iyoessammutz -

    Ilmu-ilmu ini yang jarang diajarkan di sekolah-sekolah umum. Padahal ilmu-ilmu seperti ini penting lho. Beruntung bagi yang mengenyam pendidikan di pondok.

  • Leave a Reply

    %d bloggers like this: