Contact us now
+6289-774455-70

4 Sekolah Menengah Atas Berasrama Terbaik Seperti Pondok Pesantren

Tahun ini dunia pendidikan geger karena untuk pertama kali, minimal jarang sekali terjadi, nilai UTBK sempurna. Alias bernilai 1.000. UTBK adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer untuk seleksi masuk PTN (SBMPTN). Tak hanya 1 subtes yang sempurna tapi 2 yakni TKA Saintek Fisika dan Kimia.

Dia adalah Safira Azzahra Rizwandi asal SMA Pradita Dirgantara, Boyolali. Sekolah SMA Pradita Dirgantara sebenarnya sekolah baru. Baru berdiri 3 tahun lalu. Jadi tahun ini adalah lulusan pertamanya. Salah satunya Safira.

Yang menarik sekolah ini adalah sekolah berasrama yang didirikan oleh TNI AU. Biaya pendidikannya gratis padahal fasilitasnya cukup lengkap. Semua lulusannya diterima di PTN, perguruan tinggi luar negeri dengan bea siswa dan sekolah ikatan dinas seperti AKMIL/AKPOL.

Model penyelenggaraan sekolah berasrama sebenarnya bukan hal baru dalam dunia pendidikan di Tanah Air. Dalam sejarah pendidikan di Indonesia, model asrama telah dikenal sejak lama dengan berbagai nama, seperti pondok, perguruan, atau pesantren.

Hadirnya sekolah ini menambah sekolah berasrama yang didirikan atau bekerja sama dengan TNI. Lainnya dan paling terkenal adalah SMA Taruna Nusantara. Lalu di Jawa Timur adalah SMAN Taruna Nala dan SMAN Taruna Angkasa.

Mari kita berkunjung ke 4 sekolah berasrama itu di sini:

 9 total views,  3 views today

One Comment - Leave a Comment
  • Leave a Reply

    %d bloggers like this: