Contact us now
+6289-774455-70

SIKAP KERAS NABI pada Orang yang Beribadah pada Allah di KUBURAN ORANG ALIM | Ceramah Bagus Ustadz NADJIH IHSAN

Di agama apapun orang-orang senang dan hormat pada orang alim. Sayangnya kadang berlebihan. Jadi setelah si alim meninggal, dibangunlah tempat ibadah dan dibuat patung-patung di dalamnya.

Terlihat sepertinya benar dengan memberikan penghormatan seperti itu. Tapi Rasulullah sangat melaknat hal demikian. Bahkan menganggap orang yang membangunnya sebagai makhluk yang paling buruk.

Dari ‘Aisyah Radhiyallahu anhuma bahwa Ummu Habibah dan Ummu Salamah Radhiyallahu anhuma menceritakan kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang gereja dengan rupaka-rupaka yang ada di dalamnya yang dilihatnya di negeri Habasyah (Ethiopia). Maka beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Mereka itu adalah suatu kaum, apabila ada orang yang shalih atau seorang hamba yang shalih meninggal di antara mereka, mereka bangun di atas kuburannya sebuah tempat ibadah dan mereka buat di dalam tempat itu rupaka-rupaka. Mereka itulah makhluk yang paling buruk di hadapan Allah pada hari Kiamat.” HR. Al-Bukhari (no. 427, 434, 1341) dan Muslim (no. 528)

Sikap ini bisa jadi juga menjangkiti umat Islam. Bagaimana penjelasan hadits ini? Kenapa Rasulullah sampai bersabda Allah melaknat orang-orang yang menjadikan kubur-kubur Nabi mereka sebagai tempat peribadahan?

Mari simak penjelasan lebih detil yang mudah dimengerti dengan penjelasan model tanya-jawab oleh Ustadz Drs NADJIH IHSAN, pakar tauhid dan pimpinan Majelis Tabligh Muhammadiyah Wilayah Jawa Timur di sini.

One Comment - Leave a Comment
  • Leave a Reply

    %d bloggers like this: