Contact us now
+6289-774455-70

Selalu Mengabadikan Untuk Bersyukur

Gontor, saya amati, punya tradisi untuk mengabadikan. Di setiap peristiwa pasti ada dokumentasinya. Bahkan di belakangnya selalu ada spanduk yang menjelaskan peristiwa itu.

Oleh: Mochamad Yusuf*

Seperti tradisi foto bareng kelas, angkatan atau sebuah peristiwa. Kalau dipikir buat apa, apalagi foto angkatan yang banyak orang. Tak terlihat.

Maka mudah saja sekarang bagi Gontor untuk mengenang segala peristiwa baik di majalah tahunan, majalah bulanan dan lainnya.

Gontor punya majalah tahunan Wardun, yang secara ajaib saya sudah punya sebelum anak saya jadi santrinya. Di Wardun itu ada rubrik menarik yang menampilkan segala sejarah dan kegiatan Gontor.

Tradisi ini akhirnya ditiru santri dan alumninya. Mereka selalu mendokumentasikan segala kegiatan. Termasuk kedatangan mereka saat libur dari pondok.

Jauh sebelum kenal Gontor pun, saya pun juga sudah punya kebiasaan untuk mengabadikan. Apa pun itu. Untung dulu saya kerja di perusahaan media, sehingga pinjam kamera digital yang masih mahal waktu itu.

Sekarang enak. Kamera sudah bagus di HP. Dan bisa disimpan di internet. Bahkan saat tertentu, internet akan memberitahu berbagi kejadian di hari ini tahun-tahun sebelumnya. Bahkan membuatku collagenya.

Saya membuat dokumentasi, agar saya selalu bersyukur. Bahwa apa yang kami lalui dan terima, itu terbaik. Baik itu menyenangkan atau tidak.

Bila menyenangkan, maka saya bersyukur mendapat nikmat itu. Bila tak menyenangkan, saya bersyukur masih bisa sabar dan melaluinya.

Semoga saya ke depan masih bisa melakukan tradisi pendokumentasian itu. Seperti sudah dilakukan Gontor hampir satu abad. Aamiiin Ya Rabbal’alamiiin 🤲🏼🤲🏼.

~~~
*Mochamad Yusuf dapat ditemui di http://enerlife.id.

Leave a Reply

%d bloggers like this: