Contact us now
+6289-774455-70

Gathering Wikimu.Com Surabaya Bersama Keluarga

kreatif menulisLama berorganisasi dan hadir di berbagai pertemuan, pertemuan inilah yang paling saya suka. Saya bisa aktif di kegiatan itu, istri rekreasi, Zidan dan Zelda punya pengalaman baru: memancing. Kok bisa?

Oleh: Mochamad Yusuf*

Kali ini Wikimu.com mengajak anggotanya di Surabaya melakukan pertemuan kembali. Ini adalah pertemuan kedua yang dihelat secara resmi oleh Wikimu.com. Di luar itu, secara informal kita pernah melakukan pertemuan. Tapi tetap ada kesamaan di antaranya: yang datang itu-itu saja. Hehehe.

Wikimu.com adalah website ‘citizen journalism’ yang paling besar. Apakah yang pertama? Saya tak tahu. Tapi yang terutama, ya saya yakin. Ini bisa dilihat dari jumlah anggota, artikel yang dimuat dan jumlah kunjungan ke website tersebut (hits).

Sebagai ‘citizen journalism’, yang mengisi website bukanlah para awak redaksi. Tapi dari para pembacanya sendiri. Inilah mungkin aplikasi dari ‘New Wave Marketing’. Tidak searah vertikal, tapi 2 arah horizontal. Yang menghidupkan adalah komunitas itu sendiri. Tapi tetap ada redaksi yang melakukan seleksi dan editing naskah. Apakah konsep seperti ini yang laku di mana depan? Kita tunggu saja, biar waktu yang menjawab.

Mancing bareng bersama keluarga

Kali ini kita melakukan pertemuan di Kedai Hijau. Restoran yang tak jauh dari alun-alun Sidoarjo. Tempatnya asri dan ada kolam pancingnya. Pertemuan pertama diadakan di restoran pusat kota Surabaya. Biasa, tak ada kesan. Pertemuan sekarang.. beda. (Dan kesannya luar biasa).

Sebenarnya kita para anggota Surabaya berkali-kali berencana mengadakan pertemuan di Kedai Hijau ini. Karena kebetulan salah satu pemiliknya adalah anggotanya. Jadi sekalian silaturahmi. Tapi mungkin karena jauh dari Surabaya, di mana kebanyakan anggota tinggal, rencana ini tak pernah terlaksana.

Restoran ini berada di samping kolam pancing. Kolamnya cukup luas yang dibagi 4 bagian. Dipisahkan dengan anyaman bambu dan jala. Saya tak tahu kenapa harus dibagi 4 itu. Mungkin untuk membagi jumlah ikan secara merata atau hanya berisi ikan jenis tertentu. Di sekelilingnya banyak pohon yang asri. Bahkan salah satu sisi penuh dengan rumpun bambu. Suasananya benar-benar pedesaan. (Meski nanti masakannya enak, rasa perkotaan. Hehehe).

Untuk pertama kali dalam pengalaman berorganisasi saya, untuk kegiatan ini saya ajak seluruh keluarga termasuk ‘mbaknya’ anak-anak. Zidan dan Zelda sejak datang sudah menyerbu ke kolam pancing. Awalnya hanya melihat-lihat, berikutnya ingin memancing. Waduh. Saya tak menyiapkan pancingnya. Bukannya lupa. Tapi saya memang tak pernah memancing. Jadi tak punya alat pancing.

Untunglah alat pancingnya dijual dengan harga terjangkau. Termasuk umpannya yang palet ikan. Zidan mulai membentuk bola-bola, dikaitkannya ke mata kail terus dilempar. Lama umpannya tak dimakan ikan. Dia mulai frustasi. Untungnya adiknya Zelda sabar menungguinya. Biasanya kalau mulai jenuh tak ada kegiatan, dia akan mulai menggangu kakaknya. Akhirnya Zidan berhenti mancing.

Siangnya datang Daffa. Dia adalah putra salah satu anggota Wikimu.com juga. Tapi rumahnya di Pandaan, yang lebih jauh lagi dari Surabaya, datangnya agak terlambat. Mereka pernah bertemu waktu pertemuan pertama. Langsung akrab. Mereka mulai mancing lagi. Kali ini dewa keberuntungan mulai berpihak. Awalnya Daffa yang dapat ikan. Lalu Zidan juga dapat. Akhirnya sampai selesainya mancing Zidan dapat 3 ekor.

Tentu saja dia senang. Ini adalah pengalaman pertamanya memancing dan langsung dapat ikan. Padahal selama memancing, tak saya tunggui. Dia mancing sendiri. Memang kadang mamanya menungguinya.

Alhasil semuanya senang. Zidan dan Zelda dapat pengalaman memancing untuk pertama kali. Istri juga senang bisa berekreasi termasuk dapat teman baru. Sedangkan saya tenang untuk datang ke gathering di hari minggu. Tidak ada rasa bersalah, karena hari libur saya berorganisasi.

Maklum setiap harinya mereka tak ditunggui orang tuanya. Ayah ibunya kerja. Bahkan berangkat dan pulangnya bareng. Mereka hanya bisa bercengkerama dengan orang tuanya sekitar 4 jam setiap harinya. Itupun sudah dikurangi dengan kegiatan lainnya. Jadi hari libur adalah waktu bersama dengan keluarga sepenuhnya.

Kegiatan Gathering Wikimu.com kemarin adalah menggabungkan berbagai tujuan dalam satu kegiatan. Terima kasih.

~~~
*Mochamad Yusuf adalah konsultan digital marketing, pembicara publik, youtuber, pengajar sekaligus praktisi TI. Aktif menulis dan buku best sellernya, “99 Jurus Sukses Mengembangkan Bisnis Lewat Internet”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di websitenya http://enerlife.id atau di Facebooknya, http://facebook.com/enerlife .

One Comment - Leave a Comment
  • Leave a Reply

    %d bloggers like this: