Contact us now
+6289-774455-70

Enerlife [20]: Lakukan Semaksimal Mungkin Sesuai Kemampuan Kita

Lakukan yang terbaik. Lakukan secara maksimal. Lalu kita tunggu hasilnya. Insya Allah hasilnya tidak akan membohongi proses sebelumnya.

Oleh: Mochamad Yusuf*

Kalau tak sesuai dengan harapan kita pun, kita takkan kecewa. Karena itu sudah maksimal sesuai kemampuan kita. Mau bagaimana lagi. Tapi entah kalau tak maksimal, mungkin akan jadi penyesalan.

Ambil contoh kita ikut tes prodi favorit di PTN yang jadi cita-cita kita sejak kecil. Kita lakukan persiapan dengan belajar keras. Kalau pun tak lolos, ini bikin kita tak kecewa. Karena bisa jadi kalau dipaksakan masuk, kita bisa putus di tengah jalan.

Ambil contoh lain misalnya bekerja. Kita ditarget perusahaan. Meski sudah maksimal, tetap di bawah target. Ya, kita tak masalah kalau tak di perusahaan itu. Karena ya kemampuan kita masih di bawah standar yang diharapkan perusahaan.

Dalam beribadah juga demikian. Kita juga diminta untuk beribadah semaksimal mungkin. Tentu sesuai dengan kemampuan kita.

Abu Hurairah RA berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Apa yang aku larang untuk kalian maka tinggalkanlah dan apa yang aku perintahkan kepada kalian maka laksanakan sesuai dengan kemampuan kalian.

Sesungguhnya yang membinasakan orang-orang sebelum kalian adalah banyaknya pertanyaan dan perselisihan terhadap para nabi mereka.”” (HR Bukhari dan Muslim)

Hadits ini harusnya kita tempatkan hal yang penting bagi hidup kita. Kita jadikan pedoman dalam hidup. Imam Nawawi saja sampai memasukkan dalam 40 Hadits Pilihannya, Hadits Arba’in Annawawiyah. Ditempatkan di nomor 7.

Jadi maksimal-lah dalam proses. Orang bilang, hasil takkan mengkhianati proses. Kalaupun tak sesuai, Allah mungkin memberi takdir yang lebih baik.

Wallahu a’lam bishawab.

~~~
*Mochamad Yusuf dapat ditemui di http://www.enerlife.id.

One Comment - Leave a Comment
  • Leave a Reply

    %d bloggers like this: