Contact us now
+6289-774455-70

Apa yang Kamu Cari di Gontor (1): Mengapa Saya Memasukkan Anak Saya ke Gontor

masjid jami pondok gontor pusat ponorogoBanyak pertanyaan ke saya, mengapa menyekolahkan Zelda, putri saya yang lulus SD, ke Gontor. Biasanya saya jawab dengan senyuman saja.

Entahlah, apa yang menjadi alasan saya. Wong saya dan istri sejak SD sampai PT di negeri. Pekerjaan saya selama ini juga tidak terkait dengan pondok.

Namun kalau ditelisik lebih dalam adalah beberapa alasan:

Pertama, ini upaya kita sebagai orang tua memenuhi perintah Allah di QS 66:6. Ya, ini ikhtiar kami, meski tidak berarti kami tidak bertanggung jawab terhadap pendidikan anak kami.

Kedua, memberi warna baru pada pengalaman hidupnya. Bertemu teman seluruh Nusantara (memahami kebinnekaan sesungguhnya), bahkan dari seluruh dunia. Hidup di tempat baru, jauh dari rumahnya. Belajar hal baru. Mendapat pengalaman baru. Mendapat tantangan baru. Dan lainnya.

Ketiga, tantangan mendidik anak sekarang tidak mudah. Adanya internet dan gadget, menjadi godaan negatif yang luar biasa. Menyekolahkan di Gontor, minimal bisa mengkonsentrasikan hidupnya agar lebih fokus dalam persiapan hidupnya.

Adakah beberapa hal alasan lain. Tapi 3 hal ini yang utama. Saya tahu di Gontor akan sangat berat. Karena itu saya mohon doanya agar Zelda bisa istiqamah dan ikhlas sampai menuntaskan pendidikannya di Gontor sampai selesai.

Terima kasih. Salam dari GP 1, Ngawi.

One Comment - Leave a Comment
  • Leave a Reply

    %d bloggers like this: