Contact us now
+6289-774455-70

Pengalaman Masa Aktif Baterai HP Saya

gm-nokia baterry 1Selama ini saya pengguna Nokia yang fanatik. Sejak pertama memiliki HP di tahun 1999 saya sudah memakai Nokia. Tapi karena adanya beberapa keperluan, saya menambah koleksi HP saya dengan beberapa merk. Diantaranya Motorola dan ZTE. Dengan HP ZTE, saya agak surpise dengan daya tahan baterainya.

Oleh: Mochamad Yusuf*

Pertama kali saya memiliki HP adalah Nokia 8810 (?). HP yang dikenal sebagai ‘Nokia pisang’, karena bentuknya yang melengkung. HP ini memang kalau dipakai telpon memang pas, mengikuti bentuk muka. Setelah itu beberapa tipe Nokia saya miliki. Yang terakhir adalah Nokia N-Gage QD.

Namun untuk beberapa keperluan, saya membeli HP Motorola Q8. Ini saya suka selain karena keyboardnya QWERTY, saya ingin mencoba sistem operasi Windows Mobile yang digunakan. Ya, selama ini saya pengguna Symbian yang memang digunakan oleh Nokia. Lalu terakhir saya beli Smart ZTE C261. HP ini memang saya gunakan sebagai modem untuk koneksi internet.

Waktu pertama menggunakan Motorola, saya terkejut dengan daya tahan baterainya. Boros! Kalau dipakai maksimal, paling sehari baterainya sudah habis. Paling lama sekitar 1,5 hari. Ya, kalau jarang pakai, artinya telpon dan SMSnya sedikit, baterainya paling lama bertahan 2 hari.

Saya kaget mengetahui hal ini. Dengan Nokia, pemakaian baterai bisa bertahan agak lama, sekitar 3-4 hari. Bahkan bisa sampai 5 hari. Ini pemakaian normal.

Tapi dengan ZTE C261, saya kaget juga. Tapi bukan karena borosnya, tapi hematnya. Ini kebalikan dengan Motorola. Karena sekali charge bisa sampai seminggu, 6-7 hari. Padahal saya pakai maksimal. Setiap malam, HP ini saya pakai sebagai modem non stop dari sore sampai pagi. Saya download, terus saya tinggal tidur. Pagi saya lihat hasil downloadnya.

Saya curiga Motorola saya boros baterainya karena sistem operasinya Windows Mobile. Dan selama ini saya cari solusi untuk lebih menghemat. Ada sedikit hasilnya sih. Dari biasa sekitar 1 hari menjadi sekitar 1,5 hari sampai 2 hari. Tapi tak pernah bisa lebih lama lagi. Rasanya memang Windows MObile memang boros.

Untuk ZTE, saya yakin bisa lebih lama lagi, kalau saya memakainya secara normal. Artinya tidak saya geber habis-habis non stop dipakai sebagai modem setiap malam. Saya jadi jatuh cinta dengan ZTE ini. Hehehe.

Btw, bagaimana dengan pengalaman anda dengan masa aktif baterai HP anda? Berapa lama normalnya sekali charge? [UTC Trawas, 23/1/2010]

~~~
*Mochamad Yusuf adalah konsultan senior TI, pembicara publik, host radio, pengajar sekaligus developer website & software SAM Design. Aktif menulis dan bukunya telah terbit, “99 Jurus Sukses Mengembangkan Bisnis Lewat Internet”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya atau di profil Facebooknya.

28 Comments - Leave a Comment
  • bilal ham -

    saya pake nokia e63. sebulan ini cepet habis baterenya, juga cpt panas. saya sama sekali –ya, sama seklai– tidak mengakses internte pada masa sebulan ini.
    Sebelum itu mngcharge bisa sampai 3 hari klo akses internet. Sekarang cuma 2 hari padahl tdk akses internet.
    Jadi awalnya mirip sdr. Benny Mario Teguh.
    Akhirnya mirip sdri. Irma Suryani

    Mohon tips bpk/ibu.

  • dede -

    yah, kan lokasi dan asupan sinyal juga mesti dipertimbangkan,, di lokasi yang kurang bagus penerimaan sinyalnya,, baterai jadi boros lah,,

  • ikh-1 -

    saya baru aja pake moto q. lumayan sih kondisinya. cuma kesannya jadullll baget… n masalahnya cuma di baterai aja. 1130mAH yang cuma nahan 2 jam aja kalo buat browsing n music player( kurang dari 2 jam malah) kalo cuma mode standby aja cuma 1 hari doang…
    minta tips dong atao kasih link buat download biar hemat
    makasih

  • wahyu -

    mending pake nokia E61i, ketahanan baterai bisa 7 hari, maksudnya 7x24jam. Kapasitas baterai 1500mAH. Cakep pokoknya. Dah 4 tahun pakai, tetap OK baterainya. 🙂

  • Hidayat -

    saya jadi kangen sama HP jaman dulu yang awet2 baterainya, bisa sampai berhari2.. sekarang paling hemat saja dalam sehari 2x charge

  • Leave a Reply

    %d bloggers like this: