Contact us now
+6289-774455-70

Service Adaptor Laptopnya Zidan

(ref: dok. pribadi)

(ref: dok. pribadi)

Sebenarnya sudah lama juga berniat membetulkan sendiri atau membawanya ke tukang service. Tapi untuk membetulkan sendiri perlu waktu cukup lama. Tapi saya punya pengalaman buruk membetulkan adaptor ini, yakni tidak bisa dikembalikan. Ini terjadi karena adaptor tanpa ada skrup. Sehingga malah tambah rusak. Ihik ihik.

Oleh: Mochamad Yusuf*

Sejak lama adaptor laptopnya Zidan rusak. Tapi kerusakannya tidak terlalu menjadi masalah, karena dia memang jarang pakai.

Kalau pun dipakai, pakainya saat malam hari. Ini tetap tidak jadi masalah. Karena laptop saya dan laptopnya Zidan sama merk dan tipenya, sehingga bisa pinjam adaptor laptop saya. Sedangkan siangnya tidak dapat karena saya pakai ke kantor.

Tapi hari-hari ini ada masalah. Karena Zidan selama semingguan libur, maka saya merasa kasihan kalau di rumah tidak ngapa-ngapain. Minimal kalau ada adaptor rumah, bisa bermain dengan laptopnya.

Sebenarnya sudah lama juga berniat membetulkan sendiri atau membawanya ke tukang service. Tapi untuk membetulkan sendiri perlu waktu cukup lama. Tapi saya punya pengalaman buruk membetulkan adaptor ini, yakni tidak bisa dikembalikan. Ini terjadi karena adaptor tanpa ada skrup. Sehingga malah tambah rusak. Ihik ihik.

Padahal rusaknya sepele: ada kabel yang putus di dalamnya. Ini karena cara gulung kabelnya yang salah. Sebenarnya tinggal putus yang kabel di dalamnya dan disambung lagi. Beberapa waktu lalu sudah sempat tanya-tanya ke tukang service adaptor baik di plaza Marina atau THR. Ternyata biaya service cukup mahal juga. Rata-rata 75.000. Saya kira hanya 25.000. Padahal kalau beli baru yang KW1 sekitar 125.000.

Jadi bimbang. Diservice atau beli baru tapi yang kualitas KW1.

Namun kemarin saya putuskan diservice saja. Pertimbangan saya:
1. Masih ada selisih 50.000. Selisihnya cukup buat beli bakso se-rumah. Hehehe.
2. Bila saya beli lagi, maka ada adaptor yang nganggur di rumah (yang orisinal). Dijual juga nggak tahu laku apa nggak (wong rusak).

Akhirnya kemarin saya bawa ke tukang service di Plaza Marina. Untungnya tukang servicenya agak sepi, sehingga bisa ditawar menjadi 65.000. Dan sejam – dua jam selesai.

Dan saat tadi malam sampai tadi pagi adaptor yang diservice itu ternyata oke-oke saja. Wong memang adaptor orisinalnya, jadi memang bagus.

Saya senang bisa memecahkan masalah dengan cara paling murah dan tepat… untuk saat ini. Hehehe. [SDSM, 7/5/2014]

~~~
*Mochamad Yusuf adalah online analyst, konsultan tentang ‘online communication’, pembicara publik tentang IT, host radio, pengajar sekaligus praktisi IT. Aktif menulis dan beberapa bukunya telah terbit. Yang terbaru, “Jurus Sakti Memberangus Virus Pada Komputer, Handphone & PDA”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya, http://yusuf.web.id atau di Facebooknya, http://facebook.com/mcd.yusuf.

Leave a Reply