Contact us now
+6289-774455-70

Serial Uniknya Ramadhan Tahun 2020 Ini: Blessing in Disguise | Uniknya Ramadhan 2020 #1

Jamaah Al Dakwah TPJ SidoarjoUniknya Ramadhan Tahun 2020 Ini #1

Blessing in Disguise

Ramadhan tahun ini sangat unik. Sejak saat saya kenal bulan puasa sampai hampir berumur setengah abad, bulan puasa tahun ini sangat berbeda. Penyebabnya adalah adanya epidemi Covid-19.

Sebagai dampak himbauan dari pemuka agama dan pemimpin ormas Islam untuk berikhtiar berdiam di rumah. Menghindar diri dari takdir buruk. Syariat memberi arahan pada kita agar berusaha sekuat tenaga mencegah sebuah bahaya terjadi. Rasuluullah saw bersabda, “Tidak boleh menimbulkan bahaya dan tidak boleh membalas sebab bahaya.”

“Hai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu; tiadalah orang yang sesat itu akan memberi mudharat kepadamu apabila kamu telah mendapat petunjuk. Hanya kepada Allah kamu kembali semuanya, maka Dia akan menerangkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.” QS Al Maidah: 105.

Kami patuh pada himbauan mereka. Layaknya keluarga besar pondok patuh pada sang kyai. Ini sudah kami sadari dan kami lakukan terlebih saat sudah memasukkan putra-putri kami ke pondok. Sebagai wujud ketaatan pada para ulama yang sudah memikirkan berbagai hal tentang sebab akibat wabah ini.

Maka setelah melalui Ramadhan ini saya menemukan banyak hal yang positif di bulan Ramadhan. Ini mungkin sebuah keberkahan dalam kemalangan. Orang Barat bilang, “Blessing in disguise”.

Apa saja? Saya akan ceritakan satu per satu sebagai serial. Ditunggu ya..

(Ket. foto: kegiatan yang dapat dilakukan di Ramadhan dulu. Yakni seusai shalat tarawih dilanjut diskusi ringan dengan ustadz penceramahnya).

One Comment - Leave a Comment
  • Leave a Reply

    %d bloggers like this: