Contact us now
+6289-774455-70

Siapa yang Dilarang Potong Kuku saat Qurban itu? | Ceramah Lucu Ustadz Prof ZAINUDDIN MZ

Siapa Yang Dilarang Potong Kuku Saat Qurban?Hari ini hari ke-3 di bulan Dzulhijjah. Kita menyongsong hari raya Idul Adha yang salah satu kegiatannya adalah melakukan qurban (yang lainnya ada kegiatan haji, tapi tahun ini tidak diadakan).

Maka beberapa waktu lalu (dan mungkin sampai sekarang) kita menerima banyak kiriman berisi hadits yang melarang memotong rambut dan kuku bagi yang berqurban.

“Siapa saja yang ingin berqurban dan apabila telah memasuki awal Dzulhijah (1 Dzulhijah), maka janganlah ia memotong rambut dan kukunya sampai ia berqurban.” HR. Muslim no. 1977 bab 39 halaman 152.

Yang jadi masalah kata ganti ‘nya’. Ini menunjuk pada hewan qurban atau manusia yang berqurban? Mari simak penjelasan sudut pandang yang agak berbeda dengan lainnya. Bahwa yang dilarang adalah rambut (bulu) dan kukunya hewan qurban.

Penjelasan yang penuh humor, gamblang, detil dan kronologis dari pakar hadits, guru besar Al Imam Mohamed Ibn Saud Islamic University Riyad, Prof. Dr. ZAINUDDIN MZ, Lc, MA di sini. Ditambah pengalamannya saat hidup di Madinah (domba di sana bulunya diambil) dan kunjungan ke Tapos, peternakan besar di Indonesia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: