Contact us now
+6289-774455-70

Menikmati Shalat Tarawih Sesungguhnya | Uniknya Ramadhan 2020 #7

suasana saat lebaran di masjid 'Jin' di Malang Selatan beberapa tahun laluUniknya Ramadhan Tahun 2020 Ini #7

Menikmati Shalat Tarawih Sesungguhnya

Salah satu ibadah yang dilakukan di bulan Ramadhan adalah shalat Tarawih. Shalat Tarawih dilakukan setelah shalat Isyak di tempat ibadah, seperti mushollah, surau, masjid dan lainnya.

Biasanya dilakukan berjamaah. Juga kadang diselipkan tauziyah untuk menguatkan iman. Bisa setelah shalat Isyak atau sebelum Witir.

Namun Ramadhan tahun ini kita di minta shalat Tarawih di rumah. Tujuannya untuk ikhtiar memutus rantai penyebaran Covid-19 dan pencegahan tertular. Ini sesuatu yang tidak biasa. Sejak kecil kita terbiasa shalat tarawih di tempat ibadah kan?

Demikian juga saya. Melakukan shalat Tarawih di rumah saja. Di rumah, saya berjamaah Isyak bersama keluarga. Setelah itu kita Tarawih sendiri-sendiri. Istri ingin melakukan sebagai Tahajjud sebelum Sahur.

Saat itulah saya merasakan Tarawih sesungguhnya yang seperti dilakukan Rasulullah di rumah. Karena apa? Dengan melakukan sendirian, saya bebas melakukan berlama-lama sesuai keinginan saya.

Setelah selesai 2 rakaat, saya berdzikir kadang bersandar di tembok. Di sini kadang merenung lama. Pikiran saya kadang melayang membayangkan akhirat. Sampai kadang menitikkan air mata. Bila merasa puas, saya lanjutkan lagi shalat tarawihnya.

Maka di sinilah saya merasakan arti Tarawih sebenarnya. Karena arti tarawih adalah istirahat. Antara shalat beristirahat. Juga punya pengertian lain yakni santai. Tidak usah buru-buru. Tidak perlu tergesa-gesa agar cepat selesai.

Saya benar-benar menikmati Tarawih tahun ini. Sesuatu yang yang jarang hadir saat saya lakukan berjamaah di tempat ibadah. Namun apakah nanti saat normal, akan saya lakukan lagi seperti ini? Entahlah..

Hehehe. Alhamdulillah.

(Ket. foto: suasana saat lebaran di masjid ‘Jin’ di Malang Selatan beberapa tahun lalu)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: