Contact us now
+6289-774455-70

Hari Pertama Masuk Sekolah di Rumah

Foto diambil dari Fb page Suara SurabayaHari ini, Kamis 16 Juli 2020, memang bukan hari pertama masuk sekolah. Saya memang ingin menulis tentang hari pertama masuk sekolah, tapi saat itu tidak sempat menuliskannya. Ihik-ihik.

Saya tertarik untuk berkomentar tentang hal ini. Karena sejak hari Ahad, 12 Juli, apalagi hari Senin, 13 Juli 2020 ramai sekali masyarakat berkomentar: Back to School.., but At Home. Hehehe.

Betul, pengajaran secara daring (online) memang belum optimal. Memang keputusan belajar di rumah (Learning From Home/LFH) adalah keputusan dilematis. Kalau diizinkan belajar di sekolah, takut penyebarannya semakin luas. Namun bila belajar di rumah, terkesan bagi siswa sebagai libur. Tidak optimal.

Kalau diamati sebenarnya pelajaran yang bersifat ‘knowledge’ (pengetahuan), masih bisa ditempuh dengan LFH. Tapi kalau pelajaran bersifat ‘hard skill’ yang perlu praktik di laboratorium, memang LFH kurang cukup.

Juga untuk siswa SMP ke atas, LFH dengan daring masih cukup. Tapi untuk siswa kelas SD, LFH ini kurang efektif. Apalagi siswa TK.

Maka di sini kami lihat guru punya peran penting dalam LFH. Tapi dukungan siswa juga. Karena siswa juga harus aktif. Orang tua juga seperti dukungan alat: HP atau laptop. Dan koneksi internetnya.

Tetap sebagus apapun LFH masih lebih ideal kelas offline. Tapi karena pandemi, LFH adalah solusi yang paling baik. Dan yang penting: mari kita berdoa agar pandemi dijauhkan Allah. Juga diberi kesehatan. Aamiiin.

Bagaimana menurut Anda?
(Foto diambil dari Fb page Suara Surabaya)

Leave a Reply

%d bloggers like this: