Contact us now
+6289-774455-70

Berharap Menuntut Ilmu Di Negeri Orang

Berharap Menuntut Ilmu Di Negeri OrangTadi malam sampai larut saya tonton Youtube live bertajuk ‘Tajammuk Pendidikan: From Pesantren To The World’. Sebuah kegiatan daring yang dihelat para alumni Gontor dari seluruh dunia.

Mereka menceritakan perjalanannya bagaimana sampai ke negeri seberang untuk menuntut ilmu. Ada yang di Australia, Perancis, Jerman, Spanyol, Inggris, Amerika Serikat, Jepang, Cina, yang dekat Malaysia, Arab Saudi. Dan lainnya.

Beberapa Ustadz Gontor tampil seperti Prof Amal Fathullah Zarkasyi, Dr Hamid Fahmy Zarkasyi. Lalu ada tokoh-tokoh nasional seperti Prof Din Syamsuddin. Dan tentu saja para alumni Gontor yang sedang menuntut ilmu di berbagai negara.

Tujuan kegiatan ini disamping reuni dan silaturahim di hari yang Fitri adalah memberi motivasi dan inspirasi. Juga tips dan kiat menembus berbagai perguruan tinggi di luar negeri. Termasuk cara mendapatkan beasiswa.

Begitu menariknya acara ini yang nonton secara live sudah tembus 3.000. Di beberapa pondok pesantren sampai diadakan nonton bareng. Luar biasa!

Meski tiap narasumber dibatasi waktunya, ternyata berlangsung sampai tengah malam. Saya berusaha menahan kantuk. Sampai saya bertanya pada diri sendiri, “Mengapa kamu repot-repot menontonnya? Toh kamu nggak mungkin lagi kuliah ke luar negeri!”

Hehehe, betul. Pertama, saya ikut bangga sebagai bagian keluarga besar Gontor. Kedua, saya ikut bahagia dan senang ada orang Indonesia sampai sekolah di luar negeri. Saya senang melihat orang yang berprestasi. Karena tahu di belakang kesuksesan itu ada kerja keras, doa dan air mata.

Ketiga, saya berharap dan berdoa anak-anak saya juga mengikuti jejak mereka. Sekarang mereka sudah mengikuti jejaknya dengan mondok di Gontor. Dengan sekolah di luar negeri tidak hanya sekedar dapat ilmu, tapi pengalaman melihat alam dan penduduk yang berbeda dari kita. Itu sesuatu banget.

Semoga terkabul keinginan saya. Aamiiin Ya Allah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: