Contact us now
+6289-774455-70

Angkatan Corona Angkatan Yang Tangguh

Zelda putri saya tampak ceria kembali ke pondok bersama teman-temannyaPandemi Corona telah memporak-porakkan sendi kehidupan negeri ini. Juga negeri lain. Banyak yang kena PHK, menutup usahanya, keluarga berantakan dan lainnya. Termasuk berdampak pada pondok Gontor.

Dampak pertama, liburan kenaikan kelas diperpanjang. Harusnya sekitar 10 Syawal sudah mulai tahun ajaran baru. Tapi tahun ini dimundurkan sampai akhir Syawal.

Dampak kedua, sistem penerimaan santri baru yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Untuk pertama kalinya Gontor membuka pendaftaran termasuk keuangannya lewat online, meski tes tetap offline. Juga pembayaran daftar ulang santri lama lewat online. 

Dampak ketiga, santri termasuk calon santri kembali ke pondok bersama konsulat. IKPM atau Bimago. Tidak boleh diantar wali. Ini malah tidak merepotkan wali. Wali malah senang dengan hal ini. Hehehe. Ini juga menunjukkan soliditas alumni yang kuat. 

Kalau santri masih mampu melakukannya. Apalagi saat kembali bareng teman-teman, langsung kembali ceria. Tapi calon santri?

Mereka yang kebanyakan lulusan SD, langsung dipaksakan mandiri sejak dini. Belum diterima pondok, mereka sudah mandiri. Ini mungkin jadi filter yang niatnya belum kuat untuk alasan menolak ke pondok.

Namun kenyataannya yang ingin mondok ke Gontor, tidak berkurang. Malah membludak. Lebih banyak dari tahun lalu. Mereka ini adalah angkatan Corona. Angkatan yang tangguh.

Kadang di sebuah peristiwa yang tidak menyenangkan, ada hikmah yang baik. Seperti kisah Nabi Yusuf. Gontor sepertinya dapat mengambil hikmah positif dari peristiwa yang tidak menyenangkan ini. Meski kita tetap berdoa agar pandemi ini hilang dari negeri kita tercinta.

One Comment - Leave a Comment
  • Leave a comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    %d bloggers like this: