Contact us now
+6289-774455-70

Mengenal Profesi: Koki Hotel

kitchen-731351_300Anda hobi kuliner? Senang menikmati masakan enak? Kalau ya, pastinya pernah makan di hotel ya? Selain nyaman tempatnya, peralatan yang bersih, masakannya enak juga bahannya berkualitas. Tentu kita kadang penasaran siapa yang menyiapkan hal ini semua?

Yang menyiapkan masakan di hotel adalah koki. Ada beberapa jenjang karir sebagai koki hotel. Yang paling bawah ada cook helper atau kitchen assistants. Tugas mereka membantu menyediakan bahan-bahan masakan. Lalu hampir sama dengan mereka ada commis. Pekerjaan commis juga membantu menyediakan bahan masakan, tapi posisinya lebih tinggi daripada cook helper atau kitchen assistants.

Di atasnya ada demi chef dan chef de partie. Pekerjaannya mirip supervisor yakni mengawasi kerja anak buahnya sambil turun langsung bekerja. Mereka juga memberi laporan kepada atasan. Selanjutnya ada sous chef yang bertanggung jawab pada pembuatan resep-resep dan pengembangannya. Yang paling tinggi adalah executive chef yang bertanggung jawab pada semua urusan di dapur.

Lalu apa kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang koki? Jelas bisa memasak. Untuk kerja di hotel atau restoran besar biasanya diperlukan pendidikan khusus tentang ketrampilan ini, yang biasanya ada di sekolah kejuruan atau sekolah perhotelan, karena di sekolah tidak hanya sekedar belajar memasak. Namun untuk restoran kecil cukup diperlukan kemampuan memasak enak dan senang berkreasi dengan berbagai bahan dan masakan.

Pekerjaan koki hotel adalah menentukan dan menyiapkan bahan, membuat resep, menakar bahan-bahan yang diperlukan, memasaknya sampai menyajikannya di piring hidangan. Tentu yang membawa ke konsumen bukan koki tapi pelayan. Namun tugas koki di hotel tidak hanya bekerja di dapur dan mengurusi menu utama (main course), tapi juga membuat makanan pembuka (appetizer) dan makanan penutup (dessert).

Terakhir, apa menariknya bekerja sebagai koki hotel? Kerja sebagai koki hotel memiliki peluang untuk bekerja di luar negeri khususnya kerja di hotel yang berjaringan internasional seperti Hilton, JW Marriot, Shangrila dan lainnya. Tapi ada peluang lain sebagai koki yakni bila sudah cukup ilmunya, punya kesempatan untuk membuka rumah makan sendiri. Sebagai pengusaha dan mandiri. Asyiiik kan? *(my/20160713)

One Comment - Leave a Comment
  • Iyoes Sammutz -

    Lucu ya di Indonesia ini. Kalau di rumah, makanan dimasak wanita (ibu rumah tangga/istri). Tapi makanan beli di luar/restoran/hotel, banyak dimasak pria. Hehehe.

  • Leave a Reply