Contact us now
+6289-774455-70

5 HP QWERTY Cina/Lokal Murah layak Lirik

pakai hpBanyak HP QWERTY murah yang telah dijual. Murah adalah harga sejutaan dan dibawahnya. Kebanyakan merk lokal dan Cina. Saking banyaknya, dan semua hampir sama, jadi bingung memilihnya. lalu yang mana?

Oleh: Mochamad Yusuf*

Seorang teman bingung dengan HPnya. “Ada apa?” tanyaku. “HPku sudah jadul. Aku mau ganti HP. Yang ada kamera dan bisa online,” ujarnya. “Berapa anggaranmu?” tanyaku kembali. “Sekitar sejutaan,” jawabnya. “Lha kan sekarang banyak HP Cina/Lokal yang diiklankan yang murah-murah.” sergah saya. “Justru itu, aku tambah bingung,” sambil garuk-garuk kepala, “Tolongin aku dong rekomendasinya apa.”

Wah, ketiban sampur nih. Yah, terpaksa saya riset. Hasil riset ini kemudian saya beritahukan padanya. Lalu saya pikir kenapa tidak saya tuliskan saja sekalian. Siapa tahu share saya ini memang lagi dicari seperti teman saya.

Memang setahun terakhir, kita dibanjiri dengan banyak HP merk lokal dan Cina. Merk lokal adalah merk yang hanya ditemukan di Indonesia. Di negara sebelah merk ini tak ada. Meski begitu, HP ini bukanlah buatan Indonesia. Kebanyakan buatan Cina. Pemilik merk ini pesan ke Cina dan minta langsung diberi merk tertentu. Contoh merk lokal: HT Mobile, Imo, Nexian dan lainnya.

Kalau merk global, hampir di seluruh dunia merk ini bisa ditemukan. Ini biasanya milik perusahaan besar. Contohnya: Nokia, Samsung, LG, Motorola dan lainnya. Karena merk global, mereka biasanya memperhatikan kualitas dan pengembangan teknologi.

Kembali ke merk lokal, sejak AFTA saya perkirakan HP merk lokal akan semakin banyak. Saya dengar mereka mengimpor beberapa kontainer saja sudah berani memiliki merk sendiri. Yang saya khawatirkan mereka melakukan ‘hit and run’.

Sebagai pedagang, bukan manufaktur mereka hanya memikirkan untung, bukan pengembangan bukan pula ‘after sales’. Saya takut mereka ‘menutup diri’ setelah diperkirakan produk mereka sudah waktunya banyak yang rusak. Lebih baik bikin merk sendiri, daripada harus membuka banyak service dan lainnya. Semoga ke depan pemerintah bisa melihat dan mengaturnya.

Berikut saran saya HP Cina/Lokal murah, sejutaan dan dibawahnya, yang layak dipertimbangkan untuk dibeli.

  1. Indosat Ivio
    Sesuai namanya ini HP bundling dengan Indosat. Ini HP QWERTY GSM-CDMA. Uniknya juga bisa GSM-GSM. Fiturnya standar seperti biasanya.

    Spesifikasi:
    Jaringan: Dualband GSM (900/1800 MHz), CDMA 800 MHz & Dual Mode On; Layar: 2.2 inci, TFT QVGA (240×320 piksel); Transfer data: EDGE, GPRS 12; Kamera: 1,3 MP; Memori internal: Flash 512 Mbit + 256 bit DRAM; Memori eksternal: microSD; Messaging: SMS, MMS, Email; Konektivitas: Bluetooth, kabel data; Browser: WAP, Opera Mini; Fitur lain: Polifonik (MP3), QWERTY keyboard, 5 Waynavigation keys, Quick access volume and camera buttons, MP3/MP4 player, radio FM, Office Document Viewers, Facebook, Twitter, push Email Client, ebuddy, mig33, operamini, Maps, Java applications, Speakerphone, Game; Baterai: Lithium ion.
    Harga: 1 juta.

  2. Esia Online
    Ini juga HP bundling, yakni dengan Esia. Harganya cukup murah, hanya 700 ribu. Tapi aplikasinya cukup banyak. Bisa untuk Facebook, Twitter, Yahoo Messenger dan lainnya. Bukan hanya bookmark, menuju mini Opera ke versi mobilenya. Tapi ini aplikasi khusus. Hebatnya ini aplikasi legal.

    Dengan berlangganan ke operatornya, anda bisa berlagak seperti HP mahal. Karena memang bisa seperti itu. Yakni push email, chatting, Facebook-an dan lainnya. Bahkan sebenarnya HP ini memiliki aplikasi khusus yang bisa chatting antara HP setipe ini. Dan ini gratis, tak perlu membayar langganan.

    Spesifikasi:
    CDMA 800 Mhz 2000 1x (bisa untuk modem), kamera VGA, mp3 player, wap 2.0, opera mini, bluetooth 2.0, micro SD slot, digital music downloader.
    Harga: 700 ribu.

  3. Esia Musicbox 2.0
    HP ini pantas dilirik. Karena dengan memilikinya, anda bebas download lagu sebanyak mungkin. Dan ini adalah lagu legal lho. Bukan bajakan. Juga bebas ber-Facebook dan internetan. Semua paket gratis ini memang sebulan, tapi langganan berikutnya cukup murah, yakni seribu perak. Oh ya, dalam paketnya dilengkapi speaker ekternal yang bisa dengerin radio dan MP3 player. Mantap kan.

    Spesifikasi:
    CDMA 800 Mhz 2000 1x (bisa untuk modem), kamera VGA, mp3 player, wap 2.0, opera mini, bluetooth 2.0, micro SD slot, sound box, digital music downloader.
    Harga: 900 ribu.

  4. Imo B189
    Ini HP QWERTY termurah yang saya tahu. Namun tetap memiliki fasilitas standar khas HP QWERTY Cina lainnya. Jadi tetap bisa Facebook-an, mendengarkan lagu, ada radio dan lannya. Dan jaminan Imo. Ya, Imo termasuk merk lokal yang cukup kondang.

    Spesifikasi:
    GSM 900/1800 Mhz, GPRS, kamera VGA, mp3 player, wap 2.0, opera mini, radio FM.
    Harga: 430 ribu.

  5. HT Mobile G75
    Ini memang bukan sejutaan, tapi lebih sedikit. Tepatnya 1,250 juta. Namun kenapa saya rekomendasikan meski harganya mahalan sedikit? Karena HP ini adalah HP QWERTY yang memiliki 3 slot SIMCard. Bukan hanya 2 seperti biasanya. Ponsel hybrid ini bisa untuk GSM-GSM-CDMA. Bagi anda yang suka memperhatikan iklan operator dan memanfaatkan, daripada membawa banyak HP, mending 1 HP tapi bisa banyak kartu. Oh ya, HP ini juga memiliki

    Spesifikasi:
    GSM 900/1800 Mhz, CDMA 800 Mhz, dual kamera VGA, mp3 player, wap 2.0, opera mini, micro SD slot, radio FM.
    Harga: 1,250 juta.

Di luar merk lokal atau Cina, ada 1 HP yang layak dilirik. Ini memang harga global, Samsung. Namun harganya tak kalah murahnya. Saya malah rekomendasikan HP ini. Karena banyak bundling paketnya.

  1. Samsung Pinger SCH-R351.
    HP ini layak pilih, karena dibundling dengan Smart. Dengan memilikinya anda bisa gratis berinternet selamanya! Eh bukan seumur hidup sih, seumur masa aktifnya kartu. Selama aktif, ya masih gratis. Namun dengan syarat harus berinternet lewat HP dan Mini Opera. Pengalaman saya memakai Opera Mini, oke saja kok berselancar di dunia maya.

    Modelnya juga lumayan cantik. Tombolnya cukup nyaman. Tersedia 2 warna, merah marun dan putih (rasanya yang putih akan lebih laku).

    Spesifikasi:
    CDMA 2000 1x (bisa untuk modem), kamera 1,3mp, mp3 player, wap 2.0, opera mini, brew 3.1.5, bluetooth 2.0, micro SD slot.
    Harga: 1 juta.

Bagaimana? Anda tertarik? [TSA, 8/2/2010 subuh]

~~~
*Mochamad Yusuf adalah konsultan senior TI, pembicara publik, host radio, pengajar sekaligus developer website & software Enerlife Solusi Indonesia. Aktif menulis dan bukunya telah terbit, “99 Jurus Sukses Mengembangkan Bisnis Lewat Internet”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya atau di profil Facebooknya.

50 Comments - Leave a Comment
  • Wahyu Tamtomo -

    Pak Yusuf minta dolong dong, kalo hp Nexian E 651 (smart) itu kelebihan dan kekurangannya, dan kelemahannya apa? soalnya kayaknya fiturnya lengkap. makasih banyak pak yusuf.

  • adam -

    HAIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII APAKABAR IMOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO

  • Leave a comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    %d bloggers like this: