Contact us now
+6289-774455-70

SobatKental.com Wajah Baru

(ref: sxc.hu)

(ref: sxc.hu)

Meski begitu, saya sudah menyiapkan ruang kalau SobatKental.com ini menjadi portal kembali. Karena website blog ini hanyalah sebuah subdomain. Domain SobatKental.com saya refresh ke website blog ini.

Oleh: Mochamad Yusuf*

SobatKental.com adalah website pertama yang saya buat dengan berdomain sendiri. Sebelumnya saya memang telah memiliki website, yakni WatchMe. Namun WatchMe ini menggunakan hosting gratisan, geocities.com. Meski begitu sebelum memiliki domain sendiri, SobatKental.com sudah meluncur dengan hosting gratisan juga, geocities.com.

Ide pembuatan website SobatKental.com adalah media untuk mencari teman. Harapannya dengan adanya SobatKental.com bisa mencari teman/sobat sebanyak-banyaknya. Mungkin dari sekian itu akhirnya menjadi akrab. Kalau kemudian berlanjut ke tahap lebih tinggi, ya syukur alhamdulillah. Hehehe.

SobatKental.com ini sudah meluncur sekitar tahun 1998. Saya lupa persisnya. Jadi memang sudah lama. Awalnya statis, lalu dinamis dengan memanfaatkan teknologi buku tamu. Sekitar tahun 2000 saya belikan domain sendiri. Dan mulai tahun 2001 mulailah dipelihara secara profesional dengan adanya sebuah tim.

Sejak itu website SobatKental.com kaya dengan fitur. Selain fitur pencarian kawan, ada fitur ramalan kecocokan dengan pasangan. Juga ada fitur astrologi, diskusi, dan masih banyak lagi. Sayangnya sejak tahun 2006, website SobatKental.com ini tak terpelihara karena tak ada tim.

Maka sejak tahun itu, website SobatKental.com seakan hidup segan, mati tak mau. Tak terpelihara. Karena itu kadang ada spam yang masuk, karena tak ada yang menghapusnya. Beberapa kali saya ingin menghidupkannya lagi, yakni dengan menggunakan engine gratisan cari jodoh. Namun karena tak ada waktu, hal itu tak kesampaian juga.

Akhirnya di akhir tahun 2009, saya putuskan menjadi website blog. Memang ada penurunan kualitas. Dari sebuah portal menjadi hanya sebuah website blog. Tapi saya pikir ini lebih baik daripada tidak dirawat.

Meski begitu, saya sudah menyiapkan ruang kalau SobatKental.com ini menjadi sebuah portal kembali. Karena website blog ini hanyalah sebuah subdomain. Domain SobatKental.com saya refresh ke website blog ini. Kalau nanti memang ada portalnya, ya tidak direfresh. Jadi seakan ada 2 website.

Akhirnya bersamaan dengan ulang tahun saya, website SobatKental.com ini saya luncurkan kembali. Semoga bermanfaat. Amin.

~~~
*Mochamad Yusuf adalah konsultan senior TI, pembicara publik, host radio, pengajar sekaligus developer website & software SAM Design. Aktif menulis dan bukunya telah terbit, “99 Jurus Sukses Mengembangkan Bisnis Lewat Internet”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya atau di profil Facebooknya.

Leave a Reply