Contact us now
+6289-774455-70

Bekal Mencapai Karir Tertinggi

Bekal Mencapai Karir Tertinggi

entrepreneur-1001611_300Setiap karyawan pastinya ingin memiliki karir yang meningkat dari waktu ke waktu. Bahkan kalau memungkinkan mencapai puncak karir tertinggi dalam perusahaan, misal: sebagai CEO atau Direktur Utama.

Bukan khayalan. Bukan pula sesuatu yang tidak mungkin diwujudkan. Semua mungkin untuk dicapai asal memiliki bekal seperti di bawah ini. Ini sesuatu yang bisa dipelajari dan dilatih agar makin bagus. Bukan sesuatu bakat yang hanya dimiliki seseorang. Jadi Anda bisa mencapai puncak karir tertinggi.

Bekal tersebut adalah:

  1. Sikap positif
    Ini yang dilihat oleh orang lain: sikap Anda! Anda baik, maka ada kesempatan untuk maju. Anda tidak baik, maka harapan itu mengecil bahkan sirna. Sikap baik itu tentu berarti patuh aturan kantor, hukum yang berlaku, agama dan norma masyarakat. Kalau diharuskan masuk pk 08.00 tepat, ya kita masuk sebelum pk 08.00. Kalau Anda sering telat, maka susah bagi Anda untuk dipromosikan.Selain itu sikap positif adalah berani menghadapi masalah. Bukan sekedar menggerutu atau mengeluh, tapi mencari solusi demi solusi. Karena bisa saja solusi yang dipakai tidak berhasil, tapi tidak patah semangat. Terus mencari solusi sampai bisa memecahkan masalah. Dan selama itu Anda tetap optimis dan bersikap positif.
  2. Tepat mengambil keputusan
    Salah satu hal yang membedakan pemimpin dan tidak adalah pemimpin mengambil keputusan. Karena itu Anda harus belajar mengambil keputusan. Keputusan yang dibuat tidak hanya cepat tapi juga tepat.Bila lambat, Anda dianggap bimbang dan ragu. Atau malah dianggap tidak kompeten. Tapi tidak berarti asal cepat, namun harus dipikirkan secara masak-masak.Setiap keputusan pasti memiliki pro dan kontra. Ada yang senang ada yang kecewa bahkan marah. Keputusan yang Anda pilih, belum tentu menyenangkan semua orang. Tapi keputusan itu landasannya adalah terutama untuk kepentingan perusahaan. Untuk kepentingan semua orang dalam perusahaan.

    Dan setiap keputusan pasti memiliki konsekuensi. Pastikan Anda sudah mengantisipasi konsekuensinya atau memikirkan menghadapi konsekuensinya. Karena konsekuensi bisa positif atau negatif.

  3. Kemampuan berkomunikasi
    Kemampuan berkomunikasi baik tulisan apalagi lisan sangatlah penting. Entah itu sekedar berbicara dengan direksi, ngobrol dengan teman-teman sejawat atau melakukan presentasi ke investor/klien.Menjadi pembicara yang baik akan menjadikan posisi Anda terlihat. Bila demikian, Anda akan cepat diketahui untuk mengorbit ke puncak karir. Karena itu berlatihlah menjadi pembicara yang baik dengan mengajak siapapun yang Anda kenal untuk bicara. Atau mengikuti seminar dengan pembicara terkenal dan Anda perhatikan bagaimana dia berbicara. Atau Anda bisa membaca buku, melihat video atau mengikuti workshop-workshop yang meningkatkan kemampuan berbicara Anda.
  4. Berani bertanggung jawab
    Sebagai pemimpin pastilah menghadapi resiko. Pemimpin yang baik adalah yang berani bertangung jawab terhadap keputusa yang diambil ataupun hal yang dilakukan. Tidak akan menyalahkan hal lain seperti cuaca, politik, bawahan atau orang lain. Mengakui kesalahan berarti tanda kerendahan hati dan mau untuk belajar lebih baik lagi agar tidak mengulangi kesalahan.Tidak ada seorang pun yang bebas salah. Tapi tidak semua orang mau mengakui kesalahannya. Bila Anda berani bertanggung jawab, Anda akan mendapat rasa hormat dari bawahan sekaligus pujian dari pimpinan. Ini semua akan memperlancar Anda ke puncak karir.
  5. Manajemen waktu
    Pemimpin sudah pasti dituntut dengan berbagai kegiatan dan tanggung jawab. Pekerjaan bertambah, tapi waktu tetap. Maka menjadi pemimpin haruslah memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik.Pemimpin haruslah dapat melakukan semua kegiatan tanpa merasa kewalahan. Karena itu mampu memanage waktu adalah tuntutan. Anda bisa mencatat di diary atau gadget Anda. Atur sedemikian rupa termasuk waktu istirahat Anda. Dengan begini, waktu Anda lebih berkualitas, semua pekerjaan tuntas dan menunjukkan tanggung jawab Anda.
  6. Percaya diri
    Salah satu tanda pemimpin adalah percaya diri. Mereka percaya diri karena biasanya lebih unggul atau lebih baik, misal karena prestasi atau kemampuan. Bila Anda masih belum percaya diri, Anda bisa memulai dari apa yang dikenakan sehari-hari. Pakai sesuatu yang nyaman yang membuat Anda percaya diri. Lalu baca buku, majalah atau ikut kursus yang dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda.
  7. Koneksi luas dan kuat
    Salah satu bekal lain yang harus Anda miliki adalah koneksi yang luas dan kuat. Bahkan secara guyon, kalau sudah punya koneksi pemilik perusahaan atau pucuk pimpinan, maka laju karir akan lancar. Tapi janganlah sampai Anda dianggap ke puncak karir karena koneksi, tapi karena kemampuan maka Anda memiliki koneksi.

Miliki semua bekal di atas. Jangan hanya memiliki 1-2 bekal, tapi harus semua bekal, meski tidak semua harus memiliki nilai excellent. Cukup 1-2 bekal yang excellent akan membantu karir Anda ke puncak. Semoga berhasil! *(my/20160620)

Leave a Reply