Contact us now
+6289-774455-70

Hikmah di Minggu Pagi yang Segar

masjid agung surabayaSaat gedung kembar WTC di Amerika Serikat ditabrak pesawat Boeing, kaum muslim di Amerika mengalami masa-masa menyedihkan. Mereka dicaci, dibully bahkan diteror. Ternyata peristiwa menyedihkan itu membawa hikmah. Ada ribuan orang Amerika yang masuk Islam.

Demikian juga saat ini di Indonesia. Dari ucapan seorang gubernur membuat hikmah umat Islam untuk kembali membaca Al Qur’an. Mereka baru menyadari ada ayat yang dipermasalahkan itu. Padahal ayat-ayat yang hampir mirip itu sangat banyak. Alhamdulillah, Al Qur’an dibuka lagi. Bahkan Al Qur’an terjemahan laris terbeli.

Hikmah lainnya penerbit semakin hati-hati membuat terjemahan, seperti tangkisan sebuah penerbitan yang dirasa terjemahannya salah. Sehingga mereka ke depan akan bermain safe, yakni menggunakan terjemahan resmi Kemenag. Dan Kemenag, gara-gara terjemahan ini mengeluarkan statement untuk membuat revisi terjemahan lagi. Saat ini adalah terjemahan revisi kedua.

Hikmah lainnya adalah apa yang saya saksikan pagi ini. Pagi yang sangat segar karena hujan turun tadi malam.

Saat saya mau memasuki sebuah masjid di sebuah perumahan yang jauh dari Surabaya dan Sidoarjo (pinggiran), saya heran. Di jalan-jalan banyak terparkir mobil. Eh nggak salah ta? Karena saya lihat masjid sepi dan gelap. Ini mungkin parkiran mobil untuk kegiatan lain yang diparkir dekat masjid.

Ternyata masjid sepi dan gelap karena melakukan shalat Tahajjud jamaah. Saya lihat sepertiga masjid dipenuhi jamaah Tahajjud. Dan tambah luar biasa saat shalat Subuh. Jamaahnya penuh. Seperti shalat jumat.

Dan nanti baru terasa saat sarapan bareng (takmir meminta dimakan di masjid, jangan dibawa pulang). Penuh sekali. Masjid jadi seperti tempat umum. Banyak keluarga. Anak-anak bermain di sela-sela orang tua. Saya lihat parkirnya penuh.

Saya seringkali mengikuti gerakan Shalat Subuh berjamaah seperti ini. Tapi pagi ini terasa sungguh luar biasa. Padahal yang datang jauh-jauh. Sedikit sekali dari warga perumahan setempat.

Alhamdulillah. Ini salah satu hikmah lain dari kejadian yang lagi ramai jadi perhatian. Semoga dengan adanya peristiwa ini umat muslim semakin bersemangat mempelajari agama dan melaksanakannya. Yang non Islam akan tertarik belajar dan memahami Islam. Bisa jadi peristiwa WTC dampaknya sama dengan di sini yakni semakin berbondong-bondong masuk Islam. Wallahualam. (20161106/my).

One Comment - Leave a Comment
  • Leave a Reply

    %d bloggers like this: