Contact us now
+6289-774455-70

Gontor Itu Berat.. | Kisah Motivasi Perjuangan Dan Hidup

gontor itu beratTidak dapat dipungkiri pandemi Corona ini telah meluluh-lantakkan segala sendi kehidupan manusia. Banyak yang jatuh, terpuruk bahkan terperosok. Tak tahu harus bagaimana.

Sebenarnya ini adalah latihan sekaligus ujian. Tidak akan terlahir nahkoda hebat bila hanya sering melalui lautan tenang. Tak mungkin Gatotkaca berotot kawat dan bertulang besi bila tidak digodok di kawah Candradimuka.

Allah pasti menguji, sampai berapa jauh manusia bersyukur dan bersabar. Sambil kita tetap terus beriktiar dan berdoa.

Kisah santri Gontor ini bisa dijadikan motivasi. Seorang walisantri pernah berkata, “Santri saat pendaftaran anak saya berjumlah sekitar 2300-an, saat kelulusan tersisa sekira 1500-an”.

Dia percaya bahwa yang 1500 itu hasil saringan ‘kehidupan gontor’. Yang tersisa pastilah yang teruji. Beliau sempat menuliskan responnya saat anaknya hampir menyerah:

“Pernah suatu saat dimana kondisi mental putra saya agak jatuh, sebab utamanya adalah ketika beberapa teman seperjuangannya harus berguguran karena beberapa sebab. Kebanyakan ‘ditarik’ pulang ortu..

Sebelum mentalnya lebih terpuruk, putra saya sempat bertanya, seandainya dia mau mundur bagaimana? Langsung saya katakan boleh mundur dari gontor, asal..”

Kisah selanjutnya bisa disaksikan di video ini:

One Comment - Leave a Comment
  • Leave a Reply

    %d bloggers like this: