Contact us now
+6289-774455-70

Belajar Management Yang Kompleks

Kalender akademik Pondok Modern Gontor mengikuti kalender hijriyah. Tahun ajaran baru dimulai sekitar 10 Syawal. Maka liburan kenaikan kelas dimulai sekitar 10 hari sebelum Ramadhan. Jadi liburan kenaikan kelas sekitar 50 hari.

Maka bagi kelas 1-4 akan pulang kembali ke rumahnya masing-masing. Mereka berangkat bersama teman-teman sedaerah yang dinamakan konsulat. Ustadz/ah akan mengantar mereka yang nantinya akan menyerahkan pada walinya.

Lalu santri yang kelas 5? Mereka tidak libur. Mereka menjadi panitia penerimaan santri baru. Karena waktu pendaftaran santri baru dimulai Ramadhan (untuk putri dimulai bulan Syawal).

Rasanya tidak percaya bahwa anak-anak setara kelas 2 SMA menyelenggarakan acara yang begitu kompleks. Yang diikuti ribuan orang. Belum keluarga yang mendampingi. Bisa belasan atau puluhan ribu.

Berkumpul di satu titik dengan berbagai kegiatan. Karena seleksi di Gontor tidak hanya 1 tahap, seperti ujian tulis kayak SNMPTN, tapi banyak. Di sini santri tersebut yang akan naik kelas penghabisan belajar lagi untuk memanage sebuah kegiatan yang besar.

Luar biasa!

Leave a Reply

%d bloggers like this: